Risiko Bencana Indonesia (RBI) Tahun 2015

Judul Buku:
RISIKO BENCANA INDONESIA (RBI) TAHUN 2015

Penulis/Penyusun:
Mohd. Robi Amri, Gita Yulianti, Ridwan Yunus, Sesa Wiguna, Asfirmanto W. Adi, Ageng Nur Ichwana, Roling Evans Randongkir, Rizky Tri Septian

Penerbit:
Direktorat Pengurangan Risiko Bencana Deputi Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BNPB

Tahun Terbit:
2016, Cetakan Pertama.

Deskripsi:
Buku Risiko Bencana Indonesia ini menggambarkan dan menjelaskan kondisi risiko bencana di seluruh wilayah provinsi di Indonesia. Informasi tersebut merupakan langkah awal dalam identifikasi risiko bencana yang ada di sekitar kita dan dapat menjadi acuan dalam menjalankan manajemen risiko selanjutnya baik terkait perencanaan maupun perumusan kebijakan dan aksi.

Buku ini juga menjadi perwujudan strategi Sendai Framework for Disaster Risk Reduction yaitu terkait dengan Understanding Risk dan juga mendukung strategi pelaksanaan amanat RPJMN 2015- 2019 dalam menurunkan Indeks Risiko Bencana di wilayah per- tumbuhan ekonomi.

Hasil kajian risiko bencana yang disajikan di buku ini dapat dijadikan baseline untuk kondisi risiko bencana di tingkat Provinsi dan Nasional sehingga kita dapat mengukur outcome capaian upaya pengurangan risiko bencana di tahun-tahun mendatang.

Proses penyusunan buku ini sangatlah panjang. Bermula dari banyaknya metodologi penyusu- nan peta rawan bencana yang dikeluarkan oleh kememterian/lembaga, universitas, donor, CSO tahun 2010. Belum ada kesepakatan pada satu metodologi yang disepakati bersama. Pada ta- hun 2011 dilakukan workshop untuk menyepakati metodologi penyusunan peta rawan bencana dan selanjutnya peta kerentanan, peta kapasitas serta peta risiko bencana. Pada tahun 2012, metodologi yang disepakati semua pihak dipayungi menjadi Peraturan Kepala BNPB nomor 2 Tahun 2012 dengan catatan minimal 5 tahun sekali akan direvisi bila ada usulan.

Selanjutnya mulai disusun peta risiko bencana dengan melibatkan berbagai pihak dan dengan menggunakan data tahun 2013 dihasilkan Indeks Risiko Bencana Indonesia. Indeks ini menjadi referensi Bappenas dalam penyusunan RPJMN 2015-2019 bidang penanggulangan bencana. Pada tahun 2015, kajian risiko bencana diperbaiki dengan menggunakan data tahun 2015 dan menghasilkan peta risiko bencana skala 1 : 250.000 untuk seluruh wilayah Indonesia.

Berdasarkan hasil kajian tahun 2015 inilah Buku Risiko Bencana Indonesia ini disusun dan di- sajikan dengan matrik kajian dengan harapan dapat memudahkan pembaca memahami nilai risiko bencana.

Unduh File RBI 2015 (13,4 MB): Download

This entry was posted in Artikel and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply