Masterplan PRB Tsunami

Judul Buku:
MASTERPLAN PENGURANGAN RISIKO BENCANA TSUNAMI

Penulis/Penyusun:
BNPB

Penerbit:
BNPB

Tahun Terbit:
2012

Deskripsi:
Pemerintah Indonesia terus berusaha mengurangi risiko bencana, termasuk bencana tsunami yang telah seringkali terjadi dengan skala dan dampak beragam, mulai dari yang tidak menimbulkan korban jiwa hingga yang merusak seperti Tsunami Aceh tahun 2004, dengan korban jiwa lebih dari 165 ribu orang. Kejadian gempabumi Aceh dengan skala 8,5 SR pada tanggal 11 April 2012 mengingatkan kembali akan perlunya upaya yang lebih serius dan berkelanjutan dalam menyiapkan sistem penanggulangan bencana, khususnya dalam mengantisipasi kejadian tsunami.

Dalam kejadian gempabumi Aceh tersebut tampak bahwa beberapa subsistem berjalan kurang memadai. Timbulnya kepanikan warga, kemacetan pada jalur evakuasi, sistem peringatan dini yang belum sampai kepada masyarakat secara cepat dan tepat, dan kurang tersedianya jalur serta tempat evakuasi yang mudah dijangkau saat ada peringatan dini tsunami, menunjukkan bahwa masih banyak hal yang harus ditingkatkan dalam upaya mitigasi bencana tsunami.

Breakfast meeting Kabinet Indonesia Bersatu II pada tanggal 16 April 2012 di Istana Bogor yang dipimpin oleh Presiden RI, salah satunya membahas evaluasi kejadian gempabumi Aceh 11 April 2012 dan antisipasi bencana mendatang. Dalam pertemuan tersebut, salah satu keputusan yang dihasilkan adalah BNPB diiunstruksikan untuk mengkoordinasikan penyusunan Masterplan Pengurangan Risiko Bencana Tsunami (PRB Tsunami). Untuk itu BNPB bersama Kementerian/Lembaga dan Perguruan Tinggi menyusun menindaklanjuti penyusunan Masterplan PRB Tsunami.

Masterplan PRB Tsunami akan menjadi acuan dalam penyusunan program dan kegiatan pembangunan untuk mengantisipasi bencana tsunami.

File Unduh Masterplan PRB Tsunami (24,6 MB): Download

This entry was posted in Artikel and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply